Rabu, 13 Mei 2020

Perusahaan Nasional Terkait Budaya Perusahaan yang menimbulkan Citra baik negatif ataupun positif dimata Stakeholder.

Budaya organisasi merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai organisasi yang bermuara pada visi dan misi organisasi. Budaya organisasi yang terjabarkan dengan seksama pada perilaku pelaku organisasi akan menimbulkan citra positif organisasi dimata stakeholder.


Contohnya
Sebuah Perusahaan Nasional yaitu Tokopedia. 

Sejak berdiri tahun 2009, Tokopedia berkembang pesat menjadi e-commerce populer dan berhasil meraup lebih dari seratus juta pengunjung per bulan. Kini Tokopedia merupakan satu dari empat Unicorn di Indonesia, yakni perusahaan rintisan (startup) yang telah memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS (atau setara Rp 14 triliun).
Keberhasilan ini tak lepas dari faktor sumber daya manusia (SDM) yang menggerakkan perusahaan dalam satu dekade terakhir. Saat ini, Tokopedia juga menjadi salah satu perusahaan startup yang menjadi incaran generasi milenial pencari kerja. Secara tidak langsung, saking banyak yang mendambakan ingin bekerja di Tokopedia, banyak yang menganggap Tokopedia adalah perusahaan anak muda yang sulit untuk ditembus tidak sembarangan bisa ikut bergabung menjadi bagian dari Tokopedia. 

Great Nakama Experience
(Nakama adalah sebutan karyawan Tokopedia), yaitu sebuah strategi HR dalam pengembangan human capital yang berbasis pada employee experience.

Employee experience sebagai upaya organisasi dan personil untuk bekerja sama membangun pengalaman kerja otentik sehingga membangkitkan gairah semangat kerja, inovasi, dan produktivitas. Tujuannya adalah memperkuat kinerja individu, tim, dan organisasi.
Strategi ini hadir untuk menciptakan rasa bahagia karyawan dalam bekerja di perusahaan, sehingga dampaknya tidak hanya membuat karyawan terbaik betah dan semakin loyal, tetapi juga meningkatkan produktivitas dan laba bisnis.
Employee experience dibangun melalui cara berikut:

Lingkungan Fisik Perusahaan:
Tokopedia menciptakan pengalaman menyenangkan bagi para Nakama dengan berinvestasi pada fasilitas kerja yang bagus dan suportif, seperti ruang kerja, ruang meeting, fasilitas penunjang semacam ruang fitness/gym dan area untuk anak-anak, hingga penyediaan makanan sarapan dan fresh snack.

Lingkungan Non-Fisik dan Kultur Kerja:
Lingkungan non-fisik perusahaan yang menyenangkan juga memberikan pengalaman positif bagi karyawan. Tokopedia menciptakan kultur kerja melalui penanaman budaya perusahaan yang baik, gaya kepemimpinan yang inspiratif, serta kolaborasi tim yang sehat. Bahkan, perusahaan juga menerapkan standar yang transparan dalam penilaian kinerja dan pemberian reward/bonus.

Perangkat Kerja dan Teknologi:
Sebagai perusahaan startup, Tokopedia sudah pasti menerapkan penggunaan teknologi dalam siklus kerja harian mereka. Teknologi digital ibarat ‘mainan’ sehari-hari dan telah menjadi bagian hidup kaum milenial.

Jika dikaitkan dengan jenis budaya yang dapat dikembangkan pada sebuah organisasi maka : 

Budaya Partisipasif diterapkan oleh Tokopedia, hal ini terlihat dari hadirnya tujuan employee experience sebagai upaya organisasi dan personil untuk bekerja sama membangun pengalaman kerja otentik sehingga membangkitkan gairah semangat kerja, inovasi, dan produktivitas. Tujuannya adalah memperkuat kinerja individu, tim, dan organisasi.

Budaya Konsistensi diterapkan oleh Tokopedi, hal ini terlihat dari Tokopedia yang menciptakan kultur kerja melalui penanaman budaya perusahaan yang baik, gaya kepemimpinan yang inspiratif, serta kolaborasi tim yang sehat. Bahkan, perusahaan juga menerapkan standar yang transparan dalam penilaian kinerja dan pemberian reward/bonus.

Tidak ada komentar:

Not the Destiny Line