Rabu, 13 Mei 2020

Model Perencanaan Komunikasi Korporasi : Model Pencitraan.

Perencanaan kommunikasi memiliki 2 konsep yaitu perencanaan dan komunikasi. perencanaan adalah suatu proses untuk menetapkan kemana harus pergi dengan mengidentifikasi syarat apa yang harus dipenuhi untuk sampai ketempat tersebut dengan cara yang paling efisien dan efektif (hafid, 2013). 

Sementara komunikasi adalah suatu upaya yang sistematis untuk merumuskan dengan cara yang setepat tepatnya asas asas pentrasmisian informasi sera bentukan opini dan sikap (Effendy, 2003). Berdasarkan kedua pengertian diatas, hal yang saya pahami mengenai perencanaan komunikasi adalah serangkaian tindakan tentang bagaimana suatu kegiatan komunikasi akan atau harus dilakukan aagar mencapai perubahan perilaku sesuai yang kita inginkan.

Citra adalah citra adalah cara bagaimana pihak lain memandang sebuah perusahaan, seseorang, suatu komite, atau suatu aktivitas. Citra adalah kesan yang diperoleh melalui pengetahuan dan pengalaman seseorang tentang suatu hal. Bagi perusahaan, citra diartikan sebagai persepsi masyarakat terhadap jati diri perusahaan. Persepsi masyarakat terhadap perusahaan didasari pada apa diketahui atau dikira tentang perusahaan yang bersangkutan (Soemirat dan Ardianto, 2004).

Contohnya
Membahas model perencanaan komunikasi korporasi dengan Model Pencitraan,salah satu perusahaan nasional saya akan bahas salah satu perusahaan yg sudah lama diindonesia yaitu SHARP.

PT Sharp Indonesia merupakan agen pemasaran dan perakitan buat produk TV dan audio bermerek Sharp nan berada di bawah supervisi perusahaan multinasional Sharp Corporation, Jepang. Produk-produk Sharp Indonesia bervariasi, antara lain TV, lemari es, mesin cuci, dan sebagainya.

PT Sharp Indonesia dapat dikatakan sebagai rajanya global elektronik tanah air. Saking pupolernya PT Sharp Indonesia, sebagian penduduk tanah air banyak nan memiliki produk elektronik nan dikeluarkan oleh PT Sharp Indonesia.

PT Sharp Electronics Indonesia lama dikenal sebagai produsen elektronik nomor satu dari generasi ke generasi. Kepercayaan terhadap citra merek tersebut merupakan akumulasi dari berbagai upaya, baik di dalam maupun luar perusahaan. Dalam internal perusahaan, Sharp Indonesia terus menanamkan rasa bangga terhadap merek pada setiap karyawan. Sementara untuk eksternal, Sharp Indonesia membangun relasi yang kuat kepada konsumen, dealer, bahkan media.

Pengelolaan citra merek ini mendapat perhatian yang cukup mendalam untuk oleh Sharp Indonesia hingga dibentuknya departemen Public Relations (PR) yang khusus menangani komunikasi antar karyawan hingga relasi media. Melihat pentingnya peran tersebut, Sharp Indonesia pun menguatkan model pencitraan dengan merancangkan berbagai strategi, mulai dari mengelola medianya sendiri hingga rutin mengadakan apresiasi tahunan bagi jurnalis. Atas upaya tersebut, Sharp Indonesia baru saja dianugerahkan penghargaan Indonesia PR of the Year 2019 – penghargaan bergengsi di bidang PR yang diusung oleh majalah MIX Marcom. 

Tidak ada komentar:

Not the Destiny Line