Ayualivia safitri

Senin, 11 Mei 2020

Budaya Parochial Masih Sangat Berpengaruh di Indonesia, Mengapa?

Budaya politik suatu masyarakat tertentu berbeda dengan budaya politik masyarakat lainnya. Berdasarkan hal tersebut, tipe-tipe budaya politik dapat digolongkan dalam beberapa tipe antara lain: Budaya Politik Parokial, Budaya Politik Subjek/Kaula, Budaya Politik Partisipan dan Budaya Politik Campuran.

Budaya politik parokial (parochial political culture), yaitu budaya politik yang tingkat partisipasi politiknya sangat rendah. Budaya politik suatu masyarakat dapat di katakan parokial apabila frekuensi orientasi mereka terhadap empat dimensi penentu budaya politik mendekati nol atau tidak memiliki perhatian sama sekali terhadap keempat dimensi tersebut. Tipe budaya politik ini umumnya terdapat pada masyarakat suku Afrika atau masyarakat pedalaman di Indonesia. Dalam masyarakat ini tidak ada peran politik yang bersifat khusus. Kepala suku, kepala kampung, kiai, atau dukun, yang biasanya merangkum semua peran yang ada, baik peran yang bersifat politis, ekonomis, maupun religius (Saleh & Munif, 2015:315).

Budaya politik parokial artinya terbatas pada wilayah atau lingkup yang kecil atau sempit misalnya yang bersifat provinsial. Dalam masyarakat tradisional dan sederhana, di mana spesialisasi sangat kecil, para pelaku politik sering serempak dengan melakukan peranannya dalam bidang ekonomi, keagamaan, dan lainnya. Dalam masyarakat yang bersifat parokial ini, karena terbatasnya diferensiasi tidak terdapat peranan politik yang bersifat khas dan berdiri sendiri, sebagai contoh pemimpin suku (tribe), yang sekaligus mengemban berbagai peranan dalam masyarakatnya. Pada kebudayaan seperti ini, anggota masyarakat cenderung tidak menaruh minat terhadap objek-objek politik yang luas, kecuali dalam batas tertentu, yaitu terhadap tempat di mana ia terikat secara sempit (Rusadi, 1977: 32). Keadaan yang mutlak, di mana anggota  masyarakat  tidak  menaruh  minat terhadap objek-objek politik secara sepenuhnya, kecuali terhadap objek- objek dalam skala yang kecil sekali, memang tidak akan pernah ada. Yang nyata- nyata menonjol dalam budaya politik parokial ialah adanya kesadaran anggota masyarakat akan adanya pusat kewenangan/kekuasaan politik dalam masyarakatnya (Rusadi, 1977: 33).


 Mengapa Budaya Politik Parokial masih beratahan di Indonesia?

Indonesia yang wilayahnya sangat luas, merupakan sebuah negara besar yang dihuni oleh penduduk dalam jumlah yang besar pula, yakni lebih dari 260 juta jiwa. Penduduk di wilayah tersebut terdiri atas sejumlah kelompok masyarakat yang tinggal menyebar di berbagai pulau yang membentang dari ujung barat hingga ke ujung timur. Kelompok-kelompok masyarakat tersebut memiliki latar belakang budaya yang berbeda satu sama lainnya, dan perbedaan tersebut dapat memberikan gambaran jati diri yang khas bagi setiap kelompok masyarakat yang memilikinya. Sudah tentu beragamnya kelompok masyarakat berikut karakteristik budaya yang mereka miliki mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara. Melihat kenyataan bahwa masyarakat Indonesia sangat heterogen, sudah tentu tidaklah mudah untuk menciptakan kondisi yang selaras dengan tujuan pembangunan nasional. Ada kemungkinan karena mereka dapat menerima pembaharuan atau modernisasi, baik yang berasal dari program-program pembangunan maupun yang diperoleh melalui arus informasi akibat desakan globalisasi yang terjadi pada saat ini. Namun tak bisa dipungkiri pula kalau hingga kini pun masih tersisa sejumlah kelompok masyarakat yang tak perduli dengan hal yang berbau modern. Misalnya saja Kelompok masyarakat yang menggambarkan kondisi tersebut adalah masyarakat baduy dalam yang hidup dalam sebuah lingkungan adat yang sangat dipatuhinya. Mereka hidup dalam kelompok yang memisahkan diri secara formal dari tatanan budaya pada umumnya. Hal ini menjadi salah satu sebab mengapa budaya politik parokial masih ada dan bertahan di Indonesia. 

Tak hanya itu, sifat ikatan primordial yang masih kuat berakar, yang dikenal melalui indikatornya berupa sentimen kedaerahan, kesukuan, perbedaan pendekatan terhadap keagamaan tertentu. Salah satu petunjuk masih kukuhnya ikatan primordial dapat dilihat dari pola budaya politik yang tercermin dalam struktur vertikal masyarakat di mana usaha gerakan elite politik langsung mengeksploitasi dan menyentuh substruktur sosial dan subkultur untuk tujuan perekruitmen (recruitment) dukungan juga menjadi penyubang mengapa budyaa parokial masih ada di tanah air.


 
 


di Mei 11, 2020
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Bagikan ke XBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest
Label: Political Communications (Political Marketing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

Not the Destiny Line

  • Analisis Framing Model Entman
    Konsep framing, oleh Entman, digunakan untuk menggambarkan proses seleksi dan menonjolkan aspek tertentu dari realitas oleh media. Framing d...
  • Model Perencanaan Komunikasi Korporasi : Model Pencitraan.
    Perencanaan kommunikasi memiliki 2 konsep yaitu perencanaan dan komunikasi. perencanaan adalah suatu proses untuk menetapkan kem...
  • Bentuk Kuadran B dari The Power-Interest Matrix dari satu organisasi/perusahaan nasional di Indonesia.
    Definisi Dalam tulisan "Analysis of 400 Strategic Decisions", Nut (2002) dijelaskan bawa separuh dari pengambil keputu...

Mengenai Saya

Foto saya
ayualivia safitri
Lihat profil lengkapku

Arsip Blog

  • ►  2023 (3)
    • ►  Juni (1)
    • ►  Mei (2)
  • ►  2021 (1)
    • ►  Juli (1)
  • ▼  2020 (101)
    • ►  Desember (13)
    • ►  November (20)
    • ►  Oktober (9)
    • ►  Juli (6)
    • ►  Juni (10)
    • ▼  Mei (43)
      • Analisis kasus di dunia, Bagaimana Market Oriented...
      • Analisis Capres saat ini (2019) di Indonesia Apaka...
      • Analisis Kebijakan Pemerintah Pusat Dalam mengata...
      • Analisis Mengapa Marketing Politik Merupakan "Perk...
      • Analisis Perbedaan Marketing Politik Dalam Pilpres...
      • Politik Pencitraan
      • Implementasi Propaganda Politik yang dilaksanakan ...
      • Peran Media Sosial dalam Membangun Citra Politik
      • Pertarungan incumbent dengan penantang, dalam pemi...
      • Strategi Incumbent dan Penantang, Simbolik dan Fra...
      • Contoh Relevan Dari Konsep Negosiasi dan Persuasi ...
      • Konsep Negosiasi dan Persuasi dalam Konteks Costum...
      • Dinamika Marketing Politik Brazil tahun 1989 & Ind...
      • Membangun Lingkungan Kerja yang Kreatif
      • Perencanaan Komunikasi Kreatif: Analisis Situasi s...
      • Perkembangan Teknologi yang begitu Pesat telah mem...
      • Perencanaan Komunikasi Korporasi yang Gagal berdas...
      • Model Perencanaan Komunikasi Korporasi : Model Pen...
      • Komunikasi Korporasi Nasional dalam membangun Info...
      • Perusahaan Nasional Terkait Budaya Perusahaan yan...
      • Perusahaan Nasional Terkait Pemahaman Bahwa Identi...
      • Bentuk Kuadran B dari The Power-Interest Matrix da...
      • Bentuk Tanggung Jawab Ekonomis Dari Satu Perusahaa...
      • Trust Issue Dalam Kehidupan.
      • Budaya Parochial Masih Sangat Berpengaruh di Indon...
      • Memaknai Arti Kebahagiaan
      • Keterkaitan antara Komunikator Politik, isi Pesan ...
      • Koalisi dan Sisi Pragmatisme Koalisi Parpol
      • Market-Oriented Party yang dilakukan oleh Bush (P...
      • Konsep Pemilih Tradisional & Pemetaan Bagaimana Pe...
      • Aspek Newman Dalam Meningkatkan Elektabilitas
      • Relasi Media Massa dengan Politik, Berdasarkan Par...
      • Sistem Pemilu Indonesia memilih Proporsional Terbu...
      • Keterkaitan antara Sistem Pers dan Sistem Politik ...
      • Perbedaan Paradigma Positivistik dengan Paradigma ...
      • Tiga Elemen McNair terkait dalam Komunikasi Politik
      • Analisis Framing Model Entman
      • Realitas Berger dan Luckmann
      • Perbedaan pemikiran antara Kaum Empiris dan Interp...
      • Pemahaman Informan dan Karakteristiknya & Teknik a...
      • Pemahaman Paradigma Kualitatif (Qualitative Reaserch)
      • Penelitian Studi Kasus (Case Study Qualitative)
      • Identitas Penulis

Label

  • Cerita Diri
  • Coorporate & Marketing Communications (Corporate Communication Strategy)
  • Coorporate & Marketing Communications (Creative Communications)
  • Identity
  • Political Communications (Political Marketing)
  • Political Communications (Political Media and Imaging)
  • Political Communications (Qualitative Research)
  • Political Communications (Political Marketing)
  • Political Communications (Political Media and Imaging)
  • Political Communications (Strategic Negotiation & Persuasive)
  • Public Policy Communication
  • Public Policy Communications
  • Startegi Perubahan dan Komunikasi
  • Strategi Perubahan dan Komunikasi
  • Strategis Perubahan dan Komunikasi
  • Tutorial Mendeley

Laporkan Penyalahgunaan

Mengenai Saya

Foto saya
ayualivia safitri
Lihat profil lengkapku
  • Beranda

Cari Blog Ini

Tema PT Keren Sekali. Diberdayakan oleh Blogger.