Kamis, 11 Juni 2020

Pilpres 2019 Dalam Posisi: Market Leader, Chalanger, Follower dan Nicher

POSISI

URAIAN

Market Leader (Pemimpin pasar) 

Strategi Dianggap sebagai pemimpin pasar dimana ia menguasai sebagian besar pangsa pasar. 

Partai atau kandidat menjadi pemimpin pasar (diprediksikan akan memenangkan pemilihan), yakni petahana Joko Widodo dengan cawapresnya Ma/ruf Amin

5 Indikator Kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 - Bidikdata.com

Challenger

Strategi dalam kekuatan pasar akan terdapat penantang. Penantang pasar akan  memfokuskan pada strategi penyerangan. 

Partai atau kandidat menjadi penantang utama pemimpin pasar (market leader)Chalangger bisa berubah menjadi market leader. Sebaliknya, market leader jika tidak bisa mempersuasi pemilih bisa berubah menjadi challanger. Dalam Pilpres 2019, challenger nya adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Prabowo-Sandi Sambut Kemenangan Rakyat 2019 – Rencongpost.com

Follower

Strategi pasar pengikut yaitu hanya dalam bentuk mengekor, bukan berarti ia tidak  memiliki strategi untuk mempertahankan pasarnya. 

Berada di luar market leader dan challanger. Sering mendapat limpahan suara dari pemilih yang tidak puas dengan kinerja dengan market leader atau challanger. Meski hanya diikuti oleh dua orang pasangan calon, namun banyak juga followers yang dipilih atau diaspirasikan masyarakat untuk dapat bisa bertarung dalam Pilpres 2019, utamanya posisi cawapres.

Agus Harimurti Yudhoyono - Wikipedia bahasa Indonesia ...Mengapa Orang-Orang Sebut Anies Baswedan 'Cuci Tangan' - Tirto.IDProfil Airlangga Hartarto - VIVASri Mulyani - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yusril Ihza Mahendra - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasMuhammad Romahurmuziy - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Dapat Meme dari Luhut, Mahfud MD Ibaratkan Virus Corona Layaknya ...PKB kecolongan, Cak Imin: Jangan biarkan maling jadi rampok di ...

Nicher

Strategi yang harus memiliki keahlian khas berkaitan dengan pasar,  konsumen, produk dan lain-lain. Kunci keberhasilan nicher adalah kemampuan dan ketelatenan kandidat  untuk mengenal kebutuhan pelanggan/konsumennya sehingga perusahaan mampu  melayani konsumen dengan sepenuh hati. Tugas strategi ini adalah mencari ceruk  atau celah yang tidak terjangkau oleh partai besar.

Partai atau kandidat mengambil ceruk kecil pemilih, mempunyai basis pemilih yang loyal di segmen spesifik dari pemilih. Dalam Pilpres 2019. posisi nicher lebih pada posisi partai PKS
PKS akan Cek Ibu yang Sebut Jokowi Berencana Hapus Pelajaran Agama ...


Tidak ada komentar:

Not the Destiny Line